Header Ads

SMPN 8 Juarai Lomba Tilawah MTQ Pelajar

SEPUTARJATENG, SOLO - SMP Negeri 8 Surakarta, dibawah pimpinan Nugroho, S.Pd.M.Pd. semakin maju dan berkembang. Dalam berbagai lomba SMP Negeri 8 selalu mengikuti dan sudah sering mendapatkan juara.  Sekolah yang berada dibagian timur kota Surakarta ini termasuk sekolah yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat kota Surakarta dan sekitarnya.

Pada hari Rabu (26/4/2017) bertempat di SMP Negeri 1 Surakarta diadakan lomba MTQ pelajar tingkat Kota Surakarta. Pesertanya mulai dari SD / MI, SMP/MTs, SMA/SMK. Yang dilombakan antara lain, Tilawah (membaca Al qur an d lagukan), Tartil ( membaca sesuai kaidah Tajwid ) dan Tahfidz ( menghafal )  1 Juz  5, 10, 20, 30 Putra/Putri untuk semua jenjang. Tilawah dan Tahfid 1 Juz untuk SMP/MTs. Dan Fahmil Quran ( tafsir / memahami ayat Al Quran tingkat SMA / SMK.

Lomba MTQ ini diselenggarakan oleh Kesra Balai Kota yang diadakan setiap tahun sekali mulai tingkat kecamatan sampai tingkat kota untuk maju ke tingkat Propinsi dan tingkat selanjutnya adalah seleksi tingkat Nasional.

Masing-masing cabang pesertanya 1 putra dan 1 putri mewakili tingkat Kecamatan. SMP Negeri 8 Surakarta atas nama Fauzi Ilham kelas 8 G mendapatkan juara 1 Tingkat Kota dan berhak maju ke tingkat Propinsi mewakili Kota Surakarta. Dengan pelatih Ustadz Amirudin dan dibina oleh Sodiq, S.Ag dan Nur Barokah, S.Pd I selama 3 hari berlatih di sekolahan.

Nur Barokah,S.Pd I memotivasi kepada siswa untuk selalu bersikap tenang, tidak grogi, dalam lomba ada yang menang ada yang kalah. Harus siap menang dan siap kalah, yang penting tampil semaksimal mungkin. Kebetulan Fauzi sudah mempunyai bakat , jadi harus dikembangkan.

Tujuan dari MTQ ini sendiri adalah menanamkan pemahaman terhadap Al Quran. Untuk Juara I, II dan III bisa mendapatkan nilai tambah juga bisa digunakan sebagai tambahan nilai ke jenjang yang lebih tinggi. (sri)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.