Header Ads

Lokakarya Produksi Zat Pewarna Alami

SEPUTARJATENG, CILACAP – Salah satu kekayaan alam yang melimpah di Cilacap adalah jutaan pohon Mangrove yang tersebar di daerah pesisir pantai Nusakambangan dan selatan Cilacap. Beberapa jenis Mangrove diantaranya Jeruju (acanthus Ilicifolius), Api-api (avicenia sp), Bakau bandul (rhizophora mucronata) dan Bakau kacangan (rhizophora apiculata)

Upaya memanfaatkan potensi Mangrove untuk lebih berdayaguna, Holcim Indonesia bersama masyarakat Kelurahan Kutawaru telah merintis dan membangun Kampung Batik dan memanfaatkan mangrove sebagai bahan pewarna alami batik.

"Kami telah berhasil melakukan uji coba mengekstrak buah mangrove dan menghasilkan zat pewarna, walau masih dalam skala kecil  (Pilot Plant) namun telah memberikan hasil nyata, inovasi ini merupakan kerjasama dengan Universitas Sebelas Maret, “ tegas Deni Nuryandain Corporate Communication Holcim Indonesia.

Langkah nyata untuk memperkenalkan pewarna alami mangrove dan batik Kutawaru yang memiliki khas corak mangrove, Holcim menggelar Lokakarya ”Produksi Zat Pewarna Alami “ pada Rabu (8/2/2017).

“Mimpi besar kami adalah menjadikan industri batik di Cilacap menggunakan pewarna alami dari mangrove yang ramah lingkungan, dan batik Kutawaru menjadi salah satu icon Kabupaten Cilacap yang diakui secara nasional , warga Cilacap akan bangga menggunakan batik dari Kutawaru, “ demikian Kusdiharta, Manager Community Relations berharap.

Beberapa motif batik Cilacap yang digemari diantaranya Sekar Mina, Sekar Wijayakusuma, Bumi Wijayakusuma, Isen-isen segara anakan, Mangrove Bogem, Mangrove Daon , Bakau Cencang, Mangrove Api-api, Mangrove Jerujon, Kembang Waru, Kembang Puthut.

Untuk mengintegrasikan serta mempromosikan kekayaan batik Cilacap, di Kelurahan Kutawaru akan di kembangakan sebuah “Desa Wisata“. Wahana Desa Wisata Kutawaru akan menawarkan arena wisata Kampung Batik, track wisata mangrove, kolam budidaya kepiting dan ikan krapu, industri penyulingan minyak kayu putih. (ian)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.