Header Ads

Jelang Waisak, Walubi Solo Karya Bhakti di TMP

SEPUTARJATENG, SOLO - Menyambut Hari Raya Tri Suci Waisak 2561/2017, tanggal 11 Mei mendatang Perwakilan Umat Budha Indonesia (Walubi) Kota Solo menggelar Karya Bhakti Sosial di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Bangsa, Jurug Solo, Minggu (30/4/2017). 

Ketua Walubi Kota Solo, Hasan Suwiji mengatakan, bhakti sosial yang dilakukan untuk mengajak masyarakat mengenang jasa para pahlawan yang sudah mendahului kita, yang berjuang merebut kemerdekaan bagi bangsa ini. 

"Menjelang memperingati Hari Waisak nanti, Walubi Solo mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk mengenang perjuangan pahlawan, karena adanya kita karena berkat jerih payah perjuangannya,” ujar Hasan, saat ditemui di sela-sela kegiatan di TMP Jurug. 

Karya bakti yang diikuti oleh umat Budha di Solo ini, selain membersihkan sampah-sampah di seputar makam, juga dilakukan tabur bunga. Salah satunya di makam yang dibersihkan adalah makam Bringjend Slamet Riyadi. 

 "Karya bakti ini merupakan agenda rutin tiap tahun, kedepannya mungkin tiga bulan sekali atau enam bulan sekali,” ungkapnya. Kegiatan ini dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia, lanjut Hasan, karena memang sudah menjadi anjuran dari Walubi Pusat. Lewat kegiatan ini sekaligus untuk mengajak masyarakat ikut menjaga dan merawat makam pahlawan. 

Ketua Walubi Solo, Hasan Suwiji saat memberi pengarahan kepada para umat Buddha di Solo saat Karya Bhakti Sosial di TMP Jurug

“Kami ingin mengajak masyarakat untuk ikut merawat makam pahlawan ini yang punya jasa luas biasa. Kalau bukan kita siapa lagi, kan tidak semuanya di sini itu punya keluarga,” sambungnya.

Sementara itu Pengurus Walubi Jawa Tengah Solo, Go Soe In menyatakan, berharap masyarakat mendapat pencerahan dalam peringatan Waisak. 

“Bangsa Indonesia berharap mendapat pencerahan agar lebih baik lagi setelah sempat stabil seperti ini. Para pemimpin juga bisa lebih baik untuk memimpin bangsa ini,” pungkasnya. (ian)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.