Header Ads

Ambil hikmah dari kegiatan pembelajaran di luar sekolah

Kepala Sekolah SMPN 8 Surakarta, Nugroho, M.Pd
Seputarjateng.com - SMP Negeri 8 Surakarta mengadakan evaluasi pembelajaran di luar sekolah untuk semua kelas VII ( tujuh ). Pembelajaran di luar sekolah yang dilaksanakan pada hari Selasa dan Rabu tanggal 27 – 28 September 2016 di sekitar candi Prambanan, Klaten. Di ruang aula pada jam terakhir ( tujuh ), Sabtu (01/10/2016)

Disebutkan Kepala Sekolah SMPN 8 Solo, Nugroho, M.Pd bahwa kegiatan yang dilakukan bukan kegiatan persami tetapi kegiatan pembelajaran berupa kegiatan pramuka.

Menurutnya, program kegiatan apapun yang dilakukan dari sekolah haruslah ditindaklanjuti. Atau harus ada laporan secara lisan atau tertulis. Laporan pertanggungjawaban yang akan dievaluasi harus semuanya. Tujuannya adalah antara rencana kegiatan, pelaksanaan dan berakhirnya kegiatan harus sesuai.

"Apapun yang dilakukan tidak lepas dari visi dan misi sekolah yaitu, berwawasan lingkungan berdasarkan iman dan taqwa," tambah Nugroho.

Kepala sekolah menambahkan, bahwa dalam keadaan darurat sekalipun, tidak diperkenankan menggunakan kesempatan dalam kesempitan, itu merupakan perilaku yang tidak baik. Seperti yang dilakukan Dhimas Kanjeng Taat Pribadi yang merugikan orang lain dan menguntungkan dirinya sendiri. Yang kini santer diberitakan di media.

"Kejujuran adalah bagian dari pendidikan," tegas Kepala Sekolah.

Dan kejujuran akan mendapatkan apresiasi yang baik bagi kepala sekolah, imbuhnya. Dan, tujuannya melakukan persami di luar kota yaitu untuk melatih kejujuran, kemandirian dan melatih bertanggungjawab dengan dirinya sendiri .

Diakhir evaluasi kepala sekolah menyampaikan tiga pertanyaan untuk siswa, yakni Siapkah kalian menghentikan sikap dan perbuatan-perbuatan yang negatif ?, Siapkah mengembangkan sikap positif ?, dan Siapkah meninggalkan sikap kekanak-kanakan ?..

“Ambil hikmah dari kegiatan pembelajaran di luar sekolah, baik itu hikmah positif maupun hikmah negatif," pungkas Kepala Sekolah. - sri

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.